Hari Kemerdekaan AS akan diwarnai protes penyadapan NSA

Rabu, 03 Juli 2013 - 11:16 WIB
Hari Kemerdekaan AS akan diwarnai protes penyadapan NSA
Hari Kemerdekaan AS akan diwarnai protes penyadapan NSA
A A A
Sindonews.com - Beberapa perusahaan internet AS berencana untuk melakukan demonstrasi secara online tepat pada Hari Kemerdekaan AS, Kamis (4/7/2013). Mereka akan memprotes penyadapan catatan telepon dan lalu lintas internet yang dilakukan Badan Keamanan Nasional (NSA) AS.

Dikutip Xinhua, Rabu (3/7/2013), beberapa perusahaan yang menyiapkan aksi protes itu, antara lain, Reddit, Mozilla, 4chan dan WordPress. Tepat pada Hari Kemerdekaan AS besok, semua perusahaan internet itu kompak akan menampilkan pesan anti-penyadapan NSA pada masing-masing laman mereka.

Mereka juga akan mengarahkan orang-orangke situs CallForFreedom.org, di mana para pendukung situs itu dapat menyumbangkan uang untuk membiayai iklan di stasiun televisi yang berisi program kecerdasan dan desakan pada anggota parlemen untuk menentang penyadapan NSA.

Protes melalui internet itu, digelar Liga Pertahanan Internet, dan diperkirakan akan menarik ribuan situs untuk ikut berpartisipasi.

”Program NSA telah terang-terangan inkonstitusional, dan memiliki efek yang merugikan pada kebebasan berbicara dan kebebasan pers di seluruh dunia,” kata Tiffiniy Cheng, Juru Bicara Liga Pertahanan Internet.

Program rahasia penyadapan catatan telepon dan internet oleh NSA dibocorkan mantan kontraktor NSA, Edward Snowden bulan lalu. Kini sang whistleblower NSA diburu AS dan tengah berusaha mencari suaka ke berbagai negara.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6343 seconds (0.1#10.140)