Pemberontak Maois bunuh 4 polisi India

Selasa, 02 Juli 2013 - 21:15 WIB
Pemberontak Maois bunuh 4 polisi India
Pemberontak Maois bunuh 4 polisi India
A A A
Sindonews.com - Sekelompok pemberontak Maois yang jumlahnya lebih dari 50 orang melancarkan serangan ke Distrik Dumka di Jharkhand, timur India, Selasa (2/7/2013). Pemerintah setempat mengatakan, serangan ini menewaskan empat polisi, satu di antara mereka adalah kepala polisi Pakur.

Wakil inspektur polisi Anil Srivastava dari Ranchi mengatakan, para pemberontak menembaki kendaraan yang membawa inspektur polisi Pakur, Amarjeet Balihar yang tengah melintas di wilayah berhutan yang menjadi basis gerakan pemberontak Maois.

"Serangan itu dilakukan oleh lebih dari 50 orang pemberontak Maois. Selain menewaskan empat polisi, dua polisi lain juga ikut terluka," ungkap Srivastava.

"Wilayah Pakur yang dikepalai Balihar adalah salah satu dari sejumlah distrik di wilayah Jharkhand yang masih sering mendapat serangan dari pemberontak Maois.

Kementerian Dalam Negeri India mengatakan, bahwa 10 hingga 20 ribu pemberontak hadir di 20 dari 28 negara bagian di India. Dalam beberapa tahun terkahir, ribuan orang, termasuk polisi, kelopok militan, dan warga sipil telah tewas dalam aksi kekerasan yang dilakukan pemberontak Maois.

Perdana Menteri India, Manmohan Singh menggambarkan kelompok itu sebagai ancaman serius terhadap keamanan India. Tapi, Maois mengatakan, mereka berjuang untuk membela hak-hak petani miskin dan buruh. Dalam melancarkan aksi perlawanan terhadap pemerintah, mereka mencari dana dengan melakukan pemerasan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7187 seconds (0.1#10.140)