Korban tewas akibat banjir di India mulai dikremasi

Kamis, 27 Juni 2013 - 21:58 WIB
Korban tewas akibat...
Korban tewas akibat banjir di India mulai dikremasi
A A A
Sindonews.com – Pemerintah India mulai melakukan kremasi massal pada jasad korban tewas akibat banjir bandang dan tanah longsor di negara bagian Uttarakhand. Demikian dinyatakan oleh para pejabat India, Kamis (27/6/2013), seperti dikutip dari Reuters.

Pada Rabu (26/6/2013), 18 mayat dikremasi di Kota Kedarnath, salah satu daerah yang terkena dampak bencana terburuk. “Sedangkan pada Kamis, sedikitnya dikremasi 40 jenazah,” kata seorang dokter pemerintah di Guptkashi, sekitar 40 km dari Kedarnath.

Laporan-laporan media menyebutkan, 600 mayat telah ditemukan dari lokasi bencana di Kedarnath. Tapi, pejabat pemerintah tidak bisa mengkonfirmasi hal ini.

"Tiga dari dokter kami saat ini berada di Kedarnath dan mereka mencoba untuk membantu mengidentifikasi mayat yang telah ditemukan di daerah itu," kata Sunil Kumar Verma, salah satu anggota tim sembilan dokter dari Departemen Kesehatan Uttarakhand.

Verma mengatakan, Kedarnath hanya dapat diakses dengan helikopter. Pembakaran mayat penting dilakukan untuk menghilangkan resiko mencemari pasokan air dan wabah penyakit, seperti diare dan kolera.

Hujan deras selama tiga hari terakhir telah menghambat operasi penyelamatan oleh tentara dan Angkatan Udara. Sebelumnya, tim penyelamat telah mengevakuasi korban selamat terdampar di empat kota, yakni Kedarnath, Badrinath, Gangotri, dan Yamunotri.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7937 seconds (0.1#10.140)