Cegah pencari suaka, PM Australia & SBY akan bertemu

Kamis, 20 Juni 2013 - 16:35 WIB
Cegah pencari suaka,...
Cegah pencari suaka, PM Australia & SBY akan bertemu
A A A
Sindonews.com - Kantor Perdana Menteri Australia mengumumkan pada Kamis (19/6/2013), bahwa Perdana Menteri Julia Gillard akan mengunjungi Indonesia pada 4-5 Juli. Gillard akan mengadakan pembicaraan bilateral dengan Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Pihak Oposisi Asutralia menekan Gillard agar membicarakan cara mencegah gelombang pencari suaka lewat perairan Australia, dengan pemimpin Indonesia.

Menteri Perdagangan Australia, Craig Emerson mengatakan, bahwa kedua pemimpin cenderung akan membahas masalah pencari suaka. Karena, masalah itu hanya bisa diatasi oleh dua negara dalam satu wilayah regional.

Menurut Emerson, Pemerintah Indonesia bekerja dengan lembaga-lembaga Australia untuk mencegat kapal dan memberikan informasi pada intelijen soal operasi penyelundupan manusia.

Pembicaraan antara Gillard dan Presiden Yudhoyono, kata Emerson, akan menjadi produktif, meskipun kedua pemimpin berada di akhir masa kepemimpinan mereka.

Australia dijadwalkan mengadakan Pemilihan Federal pada 14 September. Partai Buruh yang berkuasa secara luas dianggap paling berpeluang untuk menang.

Sedangkan Presiden Yudhoyono akan pensiun pada tahun 2014. Emerson melanjutkan, pembicaraan telah lama direncanakan akan mencakup isu-isu selain pencari suaka, seperti perdagangan, dan peternakan.

”Ini sebenarnya adalah pertemuan ketiga di tingkat pemimpin,” katanya kepada wartawan di Canberra pada Kamis, ketika ditanya mengapa pembicaraan akan dilakukan di akhir masa jabatan kedua pemimpin itu. ”Jadwal sudah ditetapkan oleh Pemerintah Indonesia,” lanjut Eemerson.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0945 seconds (0.1#10.140)