Penjahat perang Nazi terlacak ada di Hunggaria

Selasa, 18 Juni 2013 - 17:32 WIB
Penjahat perang Nazi terlacak ada di Hunggaria
Penjahat perang Nazi terlacak ada di Hunggaria
A A A
Sindonews.com – Laszlo Csatary, terdakwa dalam kasus kejahatan Perang Dunia II, terlacak berada di rumahnya di Budapest, Hunggaria. Pria yang dikenal sebagai penjahat perang Nazi itu diketahui sudah pulang ke rumahnya sejak 31 Juli tahun lalu.

Keberadaanya terlacak oleh wartawan surat kabar Inggris, The Sun pada Juli 2012. Dikutip BBC, Selasa (18/6/2013) menurut Kejaksaan Hunggaria, Csatary, 98, telah dijerat sebagai terdakwa atas tindakan kejahatannya dalam perang Nazi.

Peran Csatary diduga sebagai orang yang mengawasi ribuan orang Yahudi yang dideportasi selama Perang Dunia II. Namanya masuk dalam daftar Wiesenthal Center sebagai orang yang paling dicari terkait kejahatan perang Nazi.

Organisasi pemburu penjahat perang Nazi itu, menyebut Csatari dulunya adalah seorang perwira polisi senior Hunggaria. Dia bertanggung jawab untuk wilayah Ghetto Kosice, yang sekarang bernama Slovakia.

Menurut organisasi itu, Cstary membantu mengatur pembuangan 15.700 orang Yahudi ke Ukraina dan kamp kematian milik Nazi di Auschwitz dalam kurun 1941-1944.

Ia kemudian dijatuhi hukuman mati dalam sidang in absentia pada tahun 1948 oleh pengadilan Cekoslovakia. Csatary, yang bernama lengkap Laszlo Csizsik-Csatary, ditangkap pada 18 Juli 2012 di Budapest berdasarkan informasi yang diberikan Wiesenthal Center.

Csatary juga pernah melarikan diri ke Kanada setelah Perang Dunia II. Pada Agustus tahun lalu ia juga dituntut di Slovakia.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4533 seconds (0.1#10.140)