Snowden: Inggris mata-matai delegasi G20 pada 2009

Senin, 17 Juni 2013 - 18:47 WIB
Snowden: Inggris mata-matai...
Snowden: Inggris mata-matai delegasi G20 pada 2009
A A A
Sindonews.com – Whistleblower NSA, Edward Snowden, 29, kembali membocorkan dokumen yang mengungkap, bahwa Inggris memata-matai para delegasi KTT G20 yang berlangsung di London, pada 2009 lalu. Bocoran dari Snowden itu dirilis The Guardian, Senin (17/6/2013).

Menurut Snowden, komputer politisi asing dan pejabat yang mengambil bagian dalam pertemuan KTT G20 di London kala itu dipantau Pemerintah Inggris. Catatan telepon mereka juga disadap.

”Beberapa delegasi tertipu (karena) menggunakan warung internet yang telah ditetapkan oleh badan intelijen Inggris, karena ingin membaca lalu lintas email mereka,” tulis The Guardian, yang mengutip bocoran Snowden.

Tindakan Inggris itulah yang diduga memicu ketegangan di antara para delegasi. Mereka minta penjelasan Perdana Menteri Inggris untuk memastikan apakah mereka menjadi target mata-mata dalam pertemuan itu. Target Inggris kala itu disebut-sebut Turki dan Afrika Selatan.

Bocoran terbaru Snowden itu memicu pertanyaan sejumlah pihak, bahwa program surveilans seperti yang dilakukan GCHQ (badan penyadapan Inggris) dan NSA apakah semata-mata hanya untuk upaya memerangi terorisme semata.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1140 seconds (0.1#10.140)