6 Capres bertarung gantikan Ahmadinejad

Jum'at, 14 Juni 2013 - 12:54 WIB
6 Capres bertarung gantikan Ahmadinejad
6 Capres bertarung gantikan Ahmadinejad
A A A
Sindonews.com -Rakyat Iran mulai memberikan suara untuk memilih presiden baru mereka pada Jumat(14/6/2013). Mereka sudah menanti-nantikan momen untuk menggantikan Presiden Iran saat ini, Mahmoud Ahmadinejad.

Enam kandidat akan berebut simpati rakyat Iran untuk menduduki kursi presiden. Mereka antara lain, Hassan Rouhani (didukung kubu reformis dan moderat), Saeed Jalili (perunding nuklir Iran), Mohammad Baqer-Qalibaf (Walikota Teheran) dan Ali Akbar Velayati (mantan Menteri Luar Negeri), Mohsen Rezaei dan Mohammad Gharazi.

Pemilihan Presiden Iran dengan enam kandidat, merupakan yang pertama kali dalam sejarah Iran sejak muncul sengketa 2.009 suara yang memicu kerusuhan politik di Republik Islam beberapa tahun silam.

Menurut sebuah survei dari Pusat Poling Opini Mehr yang diterbitkan pada Selasa, lima kandidat terpopuler adalah, Qalibaf yang menduduki peringkat teratas dengan 17,8 persen suara. Diikuti Rouhani dan Jalili dengan 14,6 dan 9,8 persen suara. Kemudian Mohsen Rezaei dengan 7,8 persen dan Velayati dengan 6,5 persen. Sedangkan satu calon lainnya, Mohammad Gharazi tidak masuk dalam survei tersebut.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6771 seconds (0.1#10.140)