Presiden China jamu delegasi Taiwan

Kamis, 13 Juni 2013 - 19:52 WIB
Presiden China jamu delegasi Taiwan
Presiden China jamu delegasi Taiwan
A A A
Sindonews.com – Presiden China, Xi Jinping bertemu dengan seorang pejabat senior Taiwan di Beijing, Kamis (13/6/2013). Pertemuan Jinping dengan Ketua Kehormatan Partai Kuomintang (KMT), Wu Poh-Hsiung ini menunjukkan kian membaiknya hubungan China dan Taiwan.

Dalam pertemuan itu, Jinping menyerukan pada warga China dan Taiwan untuk melakukan upaya bersama dalam mencapai peremajaan besar bagi bangsa Cina. "Perkembangan damai hubungan lintas-Selat telah menjadi bagian penting dari peremajaan besar bangsa China," kata Jinping, seperti dikutip dari Xinhua.

Dia meminta kedua belah pihak untuk membebaskan diri dari konsep yang tidak sesuai dengan situasi saat ini. Jinping juga menyerukan sikap untuk "menyembuhkan trauma sejarah" dan menempatkan peremajaan bangsa China sebagai tujuan bersama mereka.

Jinping juga mencatat, bahwa China dan Taiwan harus meningkatkan rasa saling percaya dan terlibat dalam interaksi yang menguntungkan. “Kedua pihak harus terus mempromosikan pembangunan secara keseluruhan dan hubungan lintas-Selat,” lanjutnya.

Sementara Hsiung berharap, Taiwan bisa berpartisipasi dalam kegiatan internasional dan integrasi ekonomi regional sesegera mungkin, karena akan melengkapi organisasi dan melindungi kepentingan ekonomi Taiwan di kawasan Asia Pasifik.

“Kami berharap, bahwa China bisa memahami bagaimana masyarakat di Taiwan merindukan partisipasi yang berarti dalam kegiatan internasional,” ujar Hsiung. Selama ini, Beijing sering memblokir pintu masuk ke Taiwan bagi organisasi internasional atau partisipasi dalam konferensi dan pertemuan, karena mengklaim Taiwan sebagai salah satu provinsi China.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5314 seconds (0.1#10.140)