Capres reformis Iran mundur dari pertarungan

Selasa, 11 Juni 2013 - 15:35 WIB
Capres reformis Iran mundur dari pertarungan
Capres reformis Iran mundur dari pertarungan
A A A
Sindonews.com - Mohammad Reza Aref, satu-satunya calon presiden (Capres) reformis dalam pemilihan presiden Iran pada 14 Juni, mendadak mundur dari bursa pemilihan presiden. Keputusannya itu atas saran mantan presiden reformis Iran, Mohammad Khatami. Aref mengumumkan pengunduran dirinya dalam bursa pemilihan presiden melalui website-nya, pada Selasa (11/6/2013) pagi.

”Pada Senin petang, saya menerima surat dari Mohammad Khatami. Dia mengatakan, tidak bijaksana bagi saya untuk tetap ikut dalam kompetisi (pemilihan presiden),” tulis Aref, dalam pernyataan pengunduran dirinya, dikutip AFP.

Dalam beberapa hari terakhir, desakan agar Aref mundur dalam bursa pemilihan presiden dan memberikan dukungannya kepada kandidat moderat Hassan Rowhani, bermunculan. Mundurnya Aref merupakan pengunduran dir Capres yang kedua dalam dua hari terakhir.

Sebelumnya, mantan pembicara Parlemen, Gholam Ali Haddad Adel, Capres yang paling dekat dengan pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei, juga mundur dari kompetisi pada Senin tanpa memberikann dukungan pada salah satu dari empat Capres konservatif yang tersisa.

Penasihat Dewan, Khatami, dalam sebuah pernyataannya mendukung Capres Iran, Rowhani. Rowhani adalah mantan perunding nuklir Iran di bawah Khatami. Dia juga menjabat sebagai pejabat keamanan mantan Presiden Akbar Hashemi Rafsanjani. Dia masih dapat dukungan dari Rafsanjani.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3793 seconds (0.1#10.140)