3 bom meledak di pasar induk Irak

Senin, 10 Juni 2013 - 16:59 WIB
3 bom meledak di pasar induk Irak
3 bom meledak di pasar induk Irak
A A A
Sindonews.com - Tiga buah bom meledak dalam rentang waktu berdekatan di pasar induk, di sisi timur Provinsi Diyala, Irak, Senin (10/6/2013). Aparat kepolisian Irak mengatakan, ledakan tersebut bersumber dari dua bom mobil dan seorang pelaku bom bunuh diri.

"Tiga ledakan terjadi di jam-jam sibuk di pasar sayur dan buah di Kota Jedidat al-Shutt, dekat Ibu Kota Baquba, Provinsi Diyala. Saat ledakan terjadi, pasar dalam kondisi ramai dipenuhi pengunjung," ungkap seorang polisi Provinsi Diyala kepada Xinhua yang enggan namanya disebutkan.

"Ledakan itu menewaskan 13 orang dan melukai 39 orang," imbuhnya.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada kelompok yang mengklaim bertanggung jawab atas serangan ini.

Ledakan ini terjadi dekat kota Judaida al-Shat, kota yang didominasi pengikut syiah. Tapi, militan Sunni, termasuk yang terkait dengan Al-Qaeda, selama ini menargetkan serangan mereka pada kaum Muslim Syiah. Dalam pandangan militan Sunni, kelompok Muslim Syiah adalah murtad.

Serangan di Irak telah meningkat tajam. Lonjakan korban terbanyak terjadi pada Mei. Kekerasan kian menjadi sejak awal tahun, seiring dengan meningkatnya rasa ketidakpuasan dari minoritas Arab Sunni, yang menggelar protes pada akhir Desember lalu.

Utusan PBB untuk Irak, juga telah memperingatkan bahwa kekerasan di negeri itu mirip bom waktu yang setiap saat bisa meledak.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5675 seconds (0.1#10.140)