AS & China sepakat jalin hubungan jenis baru

Minggu, 09 Juni 2013 - 01:46 WIB
AS & China sepakat jalin...
AS & China sepakat jalin hubungan jenis baru
A A A
Sindonews.com – Presiden China Xi Jinping dan Presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama, sepakat untuk membangun jenis baru hubungan antara China dan AS yang bisa menghindari konfrontasi Tradisional dan konflik antara dua negara besar itu.

Kedua pemimpin membuat komitmen pada konferensi pers bersama setelah pertemuan tatap muka pertama mereka di Sunnylands, Rancho Mirage, California, Jumat (7/6/2013) waktu setempat.

Jinping mengatakan, ia telah melakukan diskusi yang tulus dan jujur, serta ​​mendalam untuk mencapai konsensus penting dengan Obama pada kebijakan domestik dan asing dari China dan AS. Konsensus ini akan menjadi dasar jenis hubungan baru antara China dan AS.

"Saya menyatakan dengan sangat jelas kepada Obama, bahwa China akan tegas berkomitmen untuk pembangunan damai dan teguh, serta akan memperdalam reformasi dan membuka negara," kata Jinping. Ia menambahkan, bahwa China akan bekerja keras untuk mewujudkan impian nasional.

"Dengan mimpi China, kami berusaha untuk memiliki kemakmuran ekonomi dan pembaharuan nasional. Impian Cina adalah tentang perdamaian, pembangunan, kerjasama,” lanjutnya. Menurut Jinping, China dan AS harus menemukan jenis baru hubungan antara negara-negara besar yang berbeda dari masa lalu yang menampilkan konfrontasi dan konflik.

Sementara Obama mengatakan, sangat penting untuk memahami tujuan strategis masing-masing negara pada tingkat militer dan politik. Ia menambahkan, bahwa Washington mengambil langkah-langkah untuk melembagakan dan mengatur pertukaran tersebut.

“Saya dan Presiden Xi mengakui kesempatan unik untuk membawa hubungan AS-China ke tingkat yang baru. Saya benar-benar berkomitmen untuk tidak kehilangan kesempatan ini,” kata Obama, seperti dikutip dari Xinhua.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1063 seconds (0.1#10.140)