Capres Iran janjikan layanan kesehatan gratis

Senin, 03 Juni 2013 - 14:28 WIB
Capres Iran janjikan layanan kesehatan gratis
Capres Iran janjikan layanan kesehatan gratis
A A A
Sindonews.com – Calon presiden Iran, Ali Akbar Velayati, bersumpah untuk menyediakan layanan kesehatan gratis jika menang dalam pemilihan presiden mendatang. Demikian dilaporkan Press TV, Minggu(2/6/2013).

Menurut Velayati, selama ini, sejumlah warga membiayai kesehatan mereka sendiri. Tapi, nantinya pelayanan kesehatan untuk warga benar-benar akan digratiskan. Pernyataan kampanye Velayati itu dilontarkan sebagai reaksi atas meningkatnya biaya medis dan kesehatan di negara para Mullah yang jauh dari kemampuan ekonomi rakyat kecil.

Ia mengkritisi jaminan sosial yang diberikan selama ini tidak sebanding dengan peningkatan biaya kesehatan warga. Meski diakui sulit, Velayati yakin mampu merealisasikan kampanye ambisiusnya itu.

Capres Iran itu juga berjanji untuk memulai janjinya itu dari daerah pedesaan dan diperluas hingga perkotaan. Program kesejahteraan sosial di Iran selama ini tertinggal, setelah negara itu terkena sanksi iternasional terkait program nuklirnya yang kontroversial.

Menurut angka resmi, tingkat inflasi di negara ini lebih dari 30 persen dan tingkat pengangguran telah mencapai 14 persen.

Delapan Capres yang akan bertarung 14 Juni nanti kompak mengecam atas sanksi yang membuat ekonomi Iran memburuk. Mereka saling mengumbar janji untuk mengambil langkah-langkah mengambil simpati rakyat.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4834 seconds (0.1#10.140)