AS kritik penundaan pemilihan Parlemen Libanon

Sabtu, 01 Juni 2013 - 20:44 WIB
AS kritik penundaan pemilihan Parlemen Libanon
AS kritik penundaan pemilihan Parlemen Libanon
A A A
Sindonews.com – Pemilihan anggota Parlemen Libanon yang sedianya digelar pada Juni ini, ditunda hingga 16 bulan atau baru akan dilangsungkan pada November tahun depan. Penundaan ini dilakukan dengan mempertimbangkan situasi politik Suriah yang sedang memanas,

Namun, keputusan itu dikiritik oleh Amerika Serikat (AS dan PBB. Penundaan itu juga memicu protes di alun-alun dekat parlemen. Demonstran berpakaian hitam-hitam itu membawa berbagai atribut menyatakan berkabung atas macetnya proses demokrasi di Libanon.

Beberapa demonstran bahkan melemparkan tomat pada rombongan politisi yang tengah melakukan konvoi. Ini adalah pertama kalinya parlemen yang berkuasa saat ini, memutuskan untuk memperpanjang kekuasaan mereka, sejak perang saudara pecah di Libanon antara 1975-1990.

Kritik dari luar parlemen juga dilontarkan, yakni dari Gerakan Patriotik Bebas. Mereka menyatakan, keputusan itu melanggar demokrasi Libanon. Mereka menuduh politisi di parlemen hanya menggunakan alasan keamanan untuk menunda Pemilu.

”Perluasan kekuasaan merupakan perpanjangan dari semua krisis di Libanon,” teriak salah seorang demonstran, seperti dikutip Reuters, Sabtu (1/6/2013). Dalam aksinya, mereka membentuk dinding manusia untuk mengahalau para politisi masuk ke gedung parlemen.


(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5566 seconds (0.1#10.140)