Pemimpin ASEAN dukung denuklirisasi di Semenanjung Korea

Kamis, 25 April 2013 - 18:59 WIB
Pemimpin ASEAN dukung denuklirisasi di Semenanjung Korea
Pemimpin ASEAN dukung denuklirisasi di Semenanjung Korea
A A A
Sindonews.com - Para pemimpin negara anggota ASEAN sekali lagi menegaskan, bahwa mereka memberikan dukungan penuh terhadap upaya denuklirisasi di Semenanjung Korea dan dimulainya kembali perundingan nuklir antara Korea Utara (Korut) dengan kelompok enam.

Dukungan tersebut datang dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke 22 di Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam, Kamis (25/4/2013). Ketua KTT ASEAN ke 22 dalam sebuah pernyataan mengatakan, para pemimpin negara anggota ASEAN prihatin atas perkembangan terakhir di Semenanjung Korea.

"Kami mendorong Korut agar kembali memenuhi semua kewajibannya yang relevan dengan Resolusi Dewan Keamanan PBB dan kembali menjalankan komitmennya yang telah disepakati dengan kelompok enam pada 19 September 2005 silam," sebut pernyataan Ketua ASEAN.

Dalam KTT tersebut, para pemimpin negara anggota ASEAN menekankan pentingnya dialog yang bertujuan untuk mempromosikan saling pengertian dan menumbuhkan rasa percaya di antara semua pihak yang peduli dengan perdamaian, keamanan dan stabilitas di semenanjung Korea.

Para pemimpin ASEAN menegaskan kembali komitmen mereka untuk melestarikan kawasan Asia Selatan sebagai kawasan bebas senjata nuklir dan berbagai bentuk senjata pemusnah massal lainnya.

"Kedepannya, kami akan menandatangani Protokol Perjanjian tentang Zona Bebas Senjata Nuklir Asia Tenggara (SEANWFZ) dan sejumlah dokumen terkait tanpa syarat sedini mungkin," jelas pernyataan tersebut.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5499 seconds (0.1#10.140)