Hacker sebarkan berita hoax soal Obama lewat akun twitter AP

Rabu, 24 April 2013 - 14:34 WIB
Hacker sebarkan berita...
Hacker sebarkan berita hoax soal Obama lewat akun twitter AP
A A A
Sindonews.com - Setelah berhasil membajak akun twitter milik kantor berita Associated Press (AP), hacker (peretas) mengeluarkan sebuah tweet palsu yang mengatakan telah terjadi sebuah ledakan di Gedung Putih, Selasa (23/4/2013). Tweet palsu tersebut sempat mengguncang pasar keuangan Amerika Serikat (AS) untuk beberapa saat.

"Dua buah ledakan mengguncang Gedung Putih, Presiden Barack Obama terluka dalam ledakan tersebut," sebut isi tweet tersebut.

Paul Colford, Juru Bicara AP langsung mengkonfirmasi kebenaran berita dalam tweet tersebut. "Tweet itu palsu," ungkap Colford.

Bantahan juga datang dari pihak Washington. Beberapa menit setelah tweet tersebut muncul Jay Carney, Juru Biara Gedung Putih mengadakan pertemuan dengan awak media pukul 1 siang waktu setempat. "Obama sehat sehat saja,"ungkap Carney.

Hanya dalam waktu 3 menit, tweet palsu itu memicu kekacauan dan membuat harga saham AS terjun bebas.

FBI dan Otoritas Pengawas Bursa AS (SEC) mengkonfirmasi aksi pembajakan tersebut dan mengaku sedang mencari tahu siapa pihak yang melancarkan aksi pembajakan tersebut. Daniel Gallagher komisaris SEC mengatakan, SEC tidak tahu apa yang terjadi sebenarnya dan kini SEC tengah menjaci tahu apa penyebab anjolknya harga pasar dalam waktu singkat itu.

Menurut data yang diperoleh Reuters, hanya dalam waktu 3 menit, tweet palsu membuat indeks S&P mengalami kerugian sebesar USD 136,5 miliar dari nilai 500.

"Informasi yang dirilis tweet palsu ini dengan mudah memanipulasi pasar," ungkap Jack Reed, senator Demokrat dari Rhode Island. "Kongres dan regulator, khususnya SEC harus meneliti kasus ini dan meninjau kebijakan kepada media sosial guna mencegah berulangnya insiden serupa," imbuh Reed.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0789 seconds (0.1#10.140)