Aparat Malaysia tangkap 32 militan di Sabah

Senin, 08 April 2013 - 23:39 WIB
Aparat Malaysia tangkap 32 militan di Sabah
Aparat Malaysia tangkap 32 militan di Sabah
A A A
Sindonews.com – Sekelompok militan ditangkap oleh pasukan keamanan Malaysia ketika mencoba menyelinap ke negara bagian Sabah di Kalimantan Utara melalui laut. Demikian dinyatakan oleh Polisi Malaysia, Senin (8/4/2013).

“Pasukan keamanan menangkap 32 orang, sekitar 12 mil laut di lepas pantai timur dari Lahad Datu. Kelompok itu mencoba masuk secara ilegal ke Sabah dari wilayah Filipina Selatan,” kata Kepala Kepolisian Sabah, Hamza Taib, seperti dikutip dari Xinhua.

Menurut Taib, kelompok itu membawa senjata api dan parang. Kejadian ini sama seperti yang terjadi pada Februari lalu, di mana ratusan loyalis Kesultanan Sulu memasuki wilayah Sabah secara ilegal. Mereka juga membawa senjata api.

Keberadaan loyalis Sulu di Sabah ini membuat keresahan di negara bagian itu. Pemerintah Malaysia telah meminta mereka untuk meninggalkan daerah tersebut, namun tak diindahkan. Akibatnya, pada Maret lalu, Pemerintah Malaysia melakukan operasi militer untuk mengusir kelompok bersenjata tersebut.

Dalam konflik bersenjata antara kaum militan dengan aparat Malaysia, puluhan kaum militan dan sepuluh aparat Malaysia tewas. Sebelumnya, media Filipina melaporkan, bahwa orang-orang bersenjata telah mencoba untuk masuk ke Sabah dalam kelompok-kelompok kecil, setelah aparat Malaysia melakukan operasi pembersihan pada kaum militan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6051 seconds (0.1#10.140)