China tak akan tolerir pembuat onar

Minggu, 07 April 2013 - 20:48 WIB
China tak akan tolerir...
China tak akan tolerir pembuat onar
A A A
Sindonews.com - Pemerintah China mengatakan, mereka telah minta Korea Utara (Korut) untuk menjamin keselamatan semua diplomat China dan tidak akan mentoleris setiap bentuk onar yang terjadi di depan pintu kedutaan mereka, Minggu (7/4/2013).

Pernyataan tersebut disampaikan setelah muncul peringatakan bahwa Korut tidak akan menjamin keselamatan sejumlah kedutaan besar asing di Pyongyang jika konflik pecah. Oleh sebab itu, Korut memperingatkan agar semua diplomat asing harus mempertimbangkan misi evakuasi. Seperti diketahui dalam sebulah terakhir Korut terus meningkatkan ancaman terhadap Amerika Serikat (AS) dan Korea Selatan (AS).

"China sangat prihatin dengan meningkatnya ketegangan di semanjung Korut. Tapi sampai saat ini, Kedutaan besar China tetap beroperasi secara normal," ungkap Hong Lei, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China

"Pemerintah China telah meminta Korut untuk menjamin keamanan para diplomat China dengan bersungguh-sungguh di Korut. Hal tersebut sesuai dengan isi Konvensi Wina dan hukum dan kebiasaan internasional," imbuh Lei.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri CHina Wang Yi telah melakukan pembicaraan langsung dengan sekjen PBB Ban Ki-moon. Yi mengutarakan kekhawatira yang dialami oleh pemerintah China setelah terjadi peningkatan di wilayah Semenanjung Korea.

"Kami menantang tindakan dan ungkapan provokatif yang dilontarkan oleh setiap pihak di kawasan ini. Dan kami tidak akan mengizinkan mengizinkan membuat onar di depan pintu China," ungkap Yi yang tidak biasanya menyampaikan komentar secara tajam.

Pekan lalu, The New York Times mengabarkan bahwa AS telah menakan China agar mengambil tindakan keras terhadap Korut. Jika mereka diam dan acuh sementara Korut terus meningkatkan ancaman maka AS akan meningkatkan kehadiran pasukan militer di wilayah Semenanjung Korea.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1077 seconds (0.1#10.140)