Aktivis muslim Bangladesh bentrok dengan aparat, 5 tewas

Jum'at, 29 Maret 2013 - 23:47 WIB
Aktivis muslim Bangladesh bentrok dengan aparat, 5 tewas
Aktivis muslim Bangladesh bentrok dengan aparat, 5 tewas
A A A
Sindonews.com – Sedikitnya lima orang dilaporkan tewas dan puluhan lainnya terluka dalam bentrokan antara aktivis Islam dan aparat keamanan di Bangladesh, Jumat (29/3/2013).

Polisi mengatakan, bahwa tiga korban tewas berasal dari bentrokan yang terjadi di sebelah utara Distrik Chapai Nawabganj. Tiga orang itu tewas, setelah petugas menembakkan senjata mereka untuk membela diri karena diserang oleh aktivis dari Jamaat-e-Islami, partai oposisi politik Islam.

Kepala polisi Distrik Chapai Nawabganj, Bashir Ahmed mengatakan, serangan terjadi ketika petugas sedang berusaha untuk menangkap orang-orang yang berpartisipasi dalam gelombang vandalism, menyusul hukuman yang dijatuhkan pihak berwenang Bangladesh pada seorang pemimpin muslim.

"Kami terpaksa menembak untuk membela diri, setelah setidaknya 17 polisi terluka dalam serangan hari Jumat," kata Ahmed. Ia menambahkan, setidaknya 25 orang ditahan atas dugaan keterlibatan mereka dalam serangan terhadap pembangkit listrik dan fasilitas umum lainnya di Distrik tersebut pada 1 Maret silam.

Para pemimpin Jamaat-e-Islami menyerukan pemogokan sepanjang hari di distrik tersebut pada akhir pekan mendatang, sebagai bentuk protes terhadap kekerasan yang dilakukan polisi.

Sementara itu, dua orang juga dilaporkan tewas dalam bentrokan serupa di Distrik Sirajganj, 195km barat laut Dhaka. Pemerintah Bangladesh telah mengerahkan pasukan tambahan, termasuk anggota paramiliter Penjaga Perbatasan Bangladesh untuk membantu menghentikan aksi kekerasan yang meningkat.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5919 seconds (0.1#10.140)