Australia beri dana bantuan tambahan bagi pengungsi Suriah

Sabtu, 25 Mei 2013 - 20:34 WIB
Australia beri dana bantuan tambahan bagi pengungsi Suriah
Australia beri dana bantuan tambahan bagi pengungsi Suriah
A A A
Sindonews.com – Australia akan memberikan tambahan AUD12 juta untuk membantu badan-badan bantuan internasional guna menangani krisis kemanusiaan yang berlangsung di Suriah. Demikian dinyatakan oleh Menteri Luar Negeri Australia, Bob Carr, Jumat (24/5/2013).

Dana ini juga diperuntukan bagi negara-negara yang menampung para pengungsi Suriah, seperti Yordania, Libanon, dan Turki. Selama ini, negara-negara tersebut mengeluh atas minimnya bantuan dunia internasional untuk mengurusi pengungsi Suriah yang jumlahnya mencapai ratusan ribu orang.

Carr melontarkan pernyataan ini saat melakukan kunjungan dengan Duta Besar Australia untuk Libanon, Lex Bartlem ke kamp-kamp pengungsi Suriah di sepanjang perbatasan Libanon.

"Pada akhir tahun ini, jumlah pengungsi Suriah bisa mencapai 3,6 juta jiwa. Negara tetangga Suriah telah bermurah hati dalam menyambut warga Suriah yang mengungsi akibat konflik, tetapi mereka sangat membutuhkan bantuan lebih lanjut," jelas Carr.

"Kalau donor telah menjanjikan dukungan keuangan untuk mereka yang terkena dampak krisis di Suriah, sekarang adalah waktu untuk memenuhi janji-janji," lanjut Carr.

Menurutnya, Australia akan memberikan AUD9 juta kepada UNICEF, UNHCR, dan Palang Merah Australia yang membantu Yordania dan Libanon. Sedangkan dana AUD3 juta akan berupa bantuan persediaan medis dasar, untuk melatih petugas kesehatan melakukan pertolongan pertama dan operasi darurat, untuk mendistribusikan paket makanan, serta pasokan air minum yang bersih di dalam negeri Suriah.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7615 seconds (0.1#10.140)
pixels