PBB terus selidiki pelanggaran HAM di Iran

Sabtu, 23 Maret 2013 - 14:27 WIB
PBB terus selidiki pelanggaran HAM di Iran
PBB terus selidiki pelanggaran HAM di Iran
A A A
Sindonews.com – PBB sepakat untuk terus menyelidiki laporan pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) di Iran, sebuah langkah yang disambut oleh para aktivis yang melaporkan tindakan keras menjelang pemilihan presiden di negara itu.
Seperti dikutip dari Reuters, Jumat (22/3/2013), Dewan HAM PBB memberikan mandat pada pelapor khusus untuk situasi di Iran, Ahmed Shaheed, untuk melaksanakan pekerjaannya satu tahun lagi.

Duta Besar Iran untuk PBB, Mohammad Reza Sajjadi menolak keputusan itu dan menyebutnya sebagai "cacat substansial". Sajjadi juga mengatakan, keputusan itu didasarkan pada kepentingan politik beberapa negara.

Gerakan untuk memperpanjang mandat Shaheed di Iran diajukan oleh Swedia atas nama Amerika Serikat dan negara-negara lainnya. Pada pekan lalu, Shaheed mengatakan, bahwa pembungkaman wartawan Iran dan pemimpin oposisi bisa membahayakan legitimasi pemilihan presiden pada Juni mendatang.

"Dengan pemilu yang akan digelar pada Juni 2013, pekerjaan para ahli PBB mendokumentasikan pelanggaran di Iran akan menjadi lebih penting," kata kelompok pemantau HAM yang berbasis di New York, Human Rights Watch dalam sebuah pernyataan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4818 seconds (0.1#10.140)