Warga China selatan diminta bersiap hadapi cuaca ekstrim

Jum'at, 22 Maret 2013 - 19:37 WIB
Warga China selatan diminta bersiap hadapi cuaca ekstrim
Warga China selatan diminta bersiap hadapi cuaca ekstrim
A A A
Sindonews.com – Pemerintah China mengeluarkan peringatan bagi warga negara itu yang tinggal di wilayah selatan, Jumat (22/3/2013). Warga diminta mempersiapkan diri untuk menghadapi curah hujan yang lebih deras dan hujan bola salju.

“Cuaca ekstrim kemungkinan akan terus terjadi hingga akhir pekan,” sebut pernyataan Pusat Meteorologi China. "Seluruh bagian dari Cina selatan harus mengambil langkah-langkah untuk waspada terhadap pengaruh negatif guntur dan kilat, angin kencang dan hujan es," lanjut pernyataan itu, seperti dikutip dari Channel News Asia.

Cuaca ekstrim mulai melanda China selatan sejak Selasa 19 Maret dan mencapai puncaknya satu hari kemudian. Akibat cuaca ekstrim ini, dilaporkan sudah 24 orang tewas. Badai ini melanda lima provinsi di selatan China.

Dilaporkan, sebuah feri terbalik di sungai di kota Nanping dan menewaskan 11 orang. Surat kabar China pada Jumat menunjukkan gambar mobil terbalik dan bangunan yang rata dengan tanah di selatan Provinsi Guangdong.

Media China juga menayangkan foto kehancuran akibat hujan es. Banyak kaca mobil yang hancur akibat terkena hujan bola es. Di Dongguan dilaporkan banyak rumah yang roboh. Secara total dilaporkan, cuaca ekstrim ini telah meruntuhkan 2.000 bangunan dan merusak 248 ribu lainnya.

China Daily mengutip pernyataan Kementerian Urusan Sipil melaporkan, sekitar 215 ribu orang terpaksa dievakuasi dari rumah mereka. Selain itu, kerugian ekonomi ditaksir mencapai USD210 juta.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6081 seconds (0.1#10.140)