Hamas ancam keluarkan paspor khusus bagi warga Gaza

Kamis, 14 Maret 2013 - 07:00 WIB
Hamas ancam keluarkan paspor khusus bagi warga Gaza
Hamas ancam keluarkan paspor khusus bagi warga Gaza
A A A
Sindonews.com - Hamas menuduh faksi saingan mereka, Fatah, telah merampas paspor ribuan warga Gaza. Karenanya, Hamas pun mengancam akan membuat versi paspor sendiri bagi warga Gaza. Demikian dilaporkan oleh Xinhua, Rabu (13/3/2013).

Ibrahim Salah, Juru Bicara Kementerian Dalam Negeri Hamas, menuduh Pemerintah Otoritas Palestina (PNA) di Tepi Barat, telah menunda pengeluaran paspor bagi ribuan warga Gaza. Tepi Barat adalah wilayah kekuasaan Fatah, partai pendukung Presiden Mahmoud Abbas.

“Beberapa pasien meninggal ketika menunggu paspor untuk pergi menjalani perawatan di Mesir. Semua ini karena penundaan yang dilakukan oleh pemerintah Otoritas Palestina di Ramallah," kata Salah.

Menurut Salah, Hamas menuntut PNA untuk mengirimkan paspor kosong ke daerah kantong-kantong warga Palestina di Gaza. Selanjutnya, paspor itu akan diisi, dicetak, dan dikeluarkan oleh Hamas. Usul ini ditolak oleh PNA.

Nour Oudeh, Juru Bicara Pemerintah Palestina di Ramallah mempertanyakan kemampuan teknis dan diplomatik Hamas untuk mengeluarkan paspor. Hamas sendiri mengaku membutuhkan 5.000 hingga 7.000 paspor per bulan.

Menurutnya, paspor yang dikeluarkan PNA adalah dokumen yang diakui secara internasional. “Rencana Hamas untuk mengeluarkan paspor merugikan kedaulatan Palestina dan meningkatkan divisi internal Palestina," ujarnya.


(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6751 seconds (0.1#10.140)