Aparat Irak tembaki demonstran anti pemerintah

Jum'at, 08 Maret 2013 - 21:43 WIB
Aparat Irak tembaki demonstran anti pemerintah
Aparat Irak tembaki demonstran anti pemerintah
A A A
Sindonews.com - Pasukan keamanan Irak dilaporkan telah menembaki demonstran anti-pemerintah di sebelah utara Kota Mosul, Jumat (8/3/2013). Akibat tindakan ini, dikabarkan setidaknya satu orang tewas dan beberapa lainnya terluka.

"Tembakan dari polisi dan tentara di lapangan Al-Ahrar mengakibatkan tewasnya seorang pengunjuk rasa," ujar Juru Bicara demonstran, Ghazi al-Faisal, seperti dikutip dari rappler. Menurut Faisal, demonstran yang tewas itu diidentifikasi sebagai Mahmud Saleh Yassin.

Hamad Salman, Kepala Komite Koordinasi untuk protes di Provinsi Nineveh, juga melaporkan adanya tembakan mematikan terhadap para demonstran. Ini bukan kali pertama aparat Irak menembaki demonstran anti pemerintah.

Seorang petugas polisi mengatakan, bahwa pengunjuk rasa mulai melemparkan batu pada pasukan keamanan, setelah Sheikh Hussein al-Obaid al-Juburi, seorang pendukung demonstrasi, ditangkap di alun-alun atas tuduhan terorisme.

Seorang polisi menembak di udara dalam upaya untuk membubarkan mereka. Dan, ketika demonstran terus melemparkan batu, polisi lain melepaskan tembakan, kata si petugas.

Para pengunjuk rasa turun ke jalan-jalan di daerah yang dihuni mayoritas kaum Sunni selama lebih dari dua bulan terakhir. Kaum demonstran menyerukan pengunduran diri Perdana Menteri Nuri al-Maliki dan mengutuk tekanan pada kaum minoritas.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2981 seconds (0.1#10.140)