Ledakan di Afghanistan, 4 tewas

Senin, 25 Februari 2013 - 23:34 WIB
Ledakan di Afghanistan, 4 tewas
Ledakan di Afghanistan, 4 tewas
A A A
Sindonews.com - Empat warga sipil Afghanistan tewas dan dua lainnya terluka akibat sebuah ledakan yang terjadi di Provinsi Helmand, sebelah selatan negara itu, Senin (25/2/2013) pagi.

"Sebuah mobil yang dikemudikan warga sipil berjalan di sepanjang jalan di daerah Sharsharak, Distrik Marja. Mobil ini memicu bom rakitan yang ditanam di sisi jalan. Ledakan ini menewaskan empat warga sipil dan melukai dua lainnya,” sebut pernyataan kepolisian setempat, seperti dikutip dari Xinhua.

Orang-orang yang cedera segera dilarikan ke sebuah rumah sakit di provinsi tersebut. Provinsi Helmand terletak 555 km sebelah selatan Ibu Kota Afghanistan, Kabul. “Tak ada wanita dan anak-anak di antara para korban,” lanjut pernyataan tersebut.

Hingga kini, serangan bom rakitan yang dirancang oleh kaum militan Taliban masih terus menimbulkan korban jiwa di Afghanistan. Taliban Afghanistan yang melakukan perlawanan terhadap pasukan Pemerintah Afghanistan dan tentara NATO, kerap menanam bom rakitan di sisi jalan.

Target utama yang dituju oleh Taliban adalah kalangan militer. Namun, tak jarang bom rakitan tersebut justru merenggut nyawa warga sipil. Pada 2012, tercatat 2.754 warga sipil tewas dan 4.805 terluka di Afghanistan. Jumlah ini secara keseluruhan menurun disbanding 2011.

Bom rakitan jadi pencabut nyawa terbesar di Afghanistan. Pada 2012, 868 orang tewas dan 1.663 terluka akibat ledakan bom rakitan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6199 seconds (0.1#10.140)