Upayakan damai dengan PKK, Erdogan minta dukungan rakyat Kurdi

Senin, 18 Februari 2013 - 14:47 WIB
Upayakan damai dengan PKK, Erdogan minta dukungan rakyat Kurdi
Upayakan damai dengan PKK, Erdogan minta dukungan rakyat Kurdi
A A A
Sindonews.com - Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan menyerukan rakyat Kurdi agar mendukung perundingan damai antara pemerintah Turki dengan Partai Pekerja Kurdistan (PKK), Minggu (17/2/2013). Rakyat Kurdi merupakan penduduk mayoritas yang mendiami wilayah tenggara Turki.

"Kami telah memulai proses perundingan damai dengan memberikan kesempatan, sebagai sebuah langkah solusi politik. Selama Anda semua mendukung kami, maka kami bertekad untuk menyelesaikan masalah ini," ungkap Erdogan di Kota Midyat, sebuah kota yang dihuni oleh suku Kurdi, Turki, dan Arab.

"Insyallah, kita akan menyelesaikan masalah ini, selama Anda semua mau membantu kami dengan doa," imbuh Erdogan, seperti dilansir Naharnet..

Akhir bulan lalu, kelompok 100 PKK dilaporkan akan menarik diri dari wilayah Turki dan meletakkan senjata mereka sebagai sebuah langkah simbolis untuk mengakhiri konflik yang sudah berlangsung selama tiga dasawarsa. Langkah yang diyakini merupakan bagian dari tindakan membangun kepercayaan terhadap proses perdamaian ini diperkirakan akan berlangsung pada musim semi.

Rencana aksi ini dapat terwujud setelah para pejabat intelijen Turki dan pemimpin PKK dilaporkan telah melakukan pembicaraan awal atas proses perdamaian, baru-baru ini.

PKK yang dimasukan sebagai organisasi teroris oleh Turki, Amerika Serikat, dan Uni Eropa, mengangkat senjata pada 1984 dalam upaya untuk menciptakan negara Kurdi di wilayah Tenggara Turki. Sejak itu, lebih dari 35 ribu orang telah tewas dalam konflik yang melibatkan berbagai kelompok.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6572 seconds (0.1#10.140)