Pasukan Rusia tewaskan 6 gerilyawan muslim

Selasa, 12 Februari 2013 - 22:44 WIB
Pasukan Rusia tewaskan 6 gerilyawan muslim
Pasukan Rusia tewaskan 6 gerilyawan muslim
A A A
Sindonews.com – Pasukan Keamanan Rusia mengaku berhasil menewaskan 6 gerilyawan Muslim dalam baku tembak di sebuah tempat persembunyian di kawasan hutan Dagestan, Kaukasus Utara, Selasa (12/2/2013).

“Lima gerilyawan, termasuk pemimpin pemberontak tewas di sebuah hutan di perbatasan Distrik Derbent dan Tabasaran, Dagestan, yang saat ini sedang menjadi fokus perhatian karena maraknya aksi kekerasan yang dilakukan kaum pemberontak,” sebut pernyataan Komite Anti-terorisme Rusia (NAK).

Menurut pernyataan itu, salah satu pemimpin pemberontak telah melakukan serangkaian pembunuhan pada tahun lalu, termasuk penembakan dua pejabat desa dan Direktur sebuah sekolah menengah di wilayah itu.

“Seorang anggota militan lainnya tewas dalam serangan di sebuah rumah di desa Galashky, Provinsi Ingushetia. Baku tembak terjadi, setelah seseorang di dalam rumah melepaskan tembakan ke arah pasukan keamanan,” lanjut pernyataan NAK.

Dalam serangan itu, turut disita sebuah jaket bom bunuh diri, sebuah peluncur granat, peluncur roket, dan granat. Para ahli penjinak bom NAK juga diikutsertakan untuk mengamankan dua buah bom rakitan yang ditemui di dalam rumah tersebut.

Hingga kini, Pemerintah Rusia memang masih berupaya keras untuk menangani pemberontakan di wilayah Kaukasus Utara yang dilakukan oleh militan Muslim. Serangan bom pada pos-pos pemeriksaan polisi dan penembakan terhadap aparat keamanan adalah kejadian sehari-hari di Dagestan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6340 seconds (0.1#10.140)