Suu Kyi bela keputusan kontroversial partainya

Jum'at, 18 Januari 2013 - 18:29 WIB
Suu Kyi bela keputusan...
Suu Kyi bela keputusan kontroversial partainya
A A A
Sindonews.com - Aktivis pro-demokrasi Myanmar, Aung San Suu Kyi membela keputusan kontroversial partainya, Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD) yang menerima sumbangan dana pendidikan dari pengusaha yang dekat dengan mantan penguasa junta militer.

"Biarkan mereka menyumbang, jika mereka menyumbang untuk hal-hal yang baik," kata Suu Kyi, pemimpin oposisi dan anggota parlemen majelis rendah, Jumat (18/1/2013), seperti dikutip dari Channel News Asia

Keputusan Suu Kyi ini telah memicu beragam pendapat, karena dianggap sebagai keputusan kontroversial. Sebab, selama ini Suu Kyi dianggap sebagai simbol demokrasi dan pendobrak kekuasaan militer di Myanmar.

Namun, Suu Kyi punya pendapat tersendiri. "Saya tidak mengerti, mengapa kami tidak bisa menerima dana bantuan itu? Jika uang itu ilegal, kami tidak akan menerimanya. Tapi, jika uang itu bersih, mengapa tidak bisa digunakan untuk tujuan baik?" lanjut Suu Kyi.

Sejumlah donor memang berpartisipasi dalam penggalangan dana yang dilakukan NLD pada Desember 2012 silam. Salah satunya adalah Asia Green Development Bank, yang dimiliki oleh taipan terkemuka Tay Za. Sosok ini disebut oleh Departemen Keuangan Amerika Serikat sebagai "antek rezim terkenal dan pedagang senjata".

NLD mengaku telah menerima total 500 juta kyat (USD580 ribu) dari acara penggalangan dana tersebut. Perusahaan gabungan milik Tay Za menyumbangkan 70 juta kyat. NLD mengatakan, uang tersebut akan digunakan untuk membantu memberikan pendidikan gratis bagi 10 ribu siswa di Myanmar.

"Uang itu disumbangkan untuk jaringan pendidikan," kata juru bicara partai dan anggota parlemen NLD, Ohn Kyaing. "Siapa yang akan menderita jika kita tak menerima uang dari mereka? Anak-anak harus melanjutkan pendidikan mereka. Orang bisa mengkritik, tapi itulah demokrasi," kata Kyaing.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9319 seconds (0.1#10.140)