Jumlah pengungsi Suriah akan menyentuh angka 1 juta jiwa

Kamis, 17 Januari 2013 - 23:50 WIB
Jumlah pengungsi Suriah...
Jumlah pengungsi Suriah akan menyentuh angka 1 juta jiwa
A A A
Sindonews.com - Jumlah pengungsi Suriah yang melarikan diri ke negara-negara tetangga akan menyentuh angka lebih dari 1 juta orang dalam kurun enam bulan mendatang. Dari jumlah itu, 300 ribu di antaranya akan ditampung di Libanon.

"Jumlah pengungsi Suriah di Lebanon mencapai 206 ribu jiwa. Hal ini menunjukkan, bahwa setiap pekan ada 5.000 hingga 6.000 pengungsi Suriah yang datang ke Lebanon,” kata Dana Suleiman, Juru Bicara Dewan Pengungsi PBB di Libanon, Kamis (17/1/2013), seperti dikutip dari Xinhua.

"Dana senilai USD267 juta telah dialokasikan untuk memenuhi kebutuhan para pengungsi Suriah untuk enam bulan ke depan," kata Suleiman. Menurutnya, jumlah itu adalah perkiraan dari Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi (UNHRC) dan tidak termasuk orang Palestina yang telah meninggalkan Suriah.

"Tujuan kami bukan untuk memberikan angka yang akurat dari para pengungsi di Lebanon, tapi lebih untuk membantu mereka dengan menyediakan kebutuhan yang diperlukan mereka," kata Suleiman.

Dia juga menyatakan, bahwa sebuah rencana alternatif telah disiapkan oleh UNHCR dan secara teratur diperbaharui dengan meningkatnya jumlah pengungsi Suriah. “Termasuk mendirikan kamp-kamp sementara di berbagai daerah di Libanon,” lanjutnya.

Sebelumnya, Menteri Sosial Libanon RI Wael Abou Faour mengatakan, bahwa Pemerintah Libanon menolak ide mendirikan kamp-kamp itu. Tetapi, Libanon menangani hal ini dengan serius dan mengamati tingginya jumlah pengungsi Suriah yang masuk ke Libanon.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3238 seconds (0.1#10.140)