UEA dan Argentina teken kerja sama nuklir

Senin, 14 Januari 2013 - 23:22 WIB
UEA dan Argentina teken kerja sama nuklir
UEA dan Argentina teken kerja sama nuklir
A A A
Sindonews.com – Uni Emirat Arab (UEA) dan Argentina sepakat untuk menjalin kerja sama di bidang bidang energi nuklir damai, Senin (14/1/2013). Kesepakatan ini dicapai selama kunjungan Presiden Argentina, Cristina Kirchner ke UEA.

Nota kesepahaman ditandatangani oleh Menteri Luar Negeri UEA Emirat Sheikh Abdullah bin Zayed al-Nahayan dan sejawatnya dari Argentina, Hector Timerman, demikian dilaporkan kantor berita WAM.

“Kirchner dan Presiden UAE Sheikh Khalifa bin Zayed al-Nahayan menghadiri upacara penandatanganan setelah diskusi tentang kerjasama bilateral antara kedua negara,” sebut laporan WAM.

Uni Emirat Arab mengumumkan pada pertengahan Juli lalu, bahwa mereka akan mulai membangun dua dari empat pembangkit listrik tenaga nuklir yang masing-masing berkapasitas 1.400 megawatt, dalam kemitraan dengan konsorsium Korea Selatan, sebagai bagian dari rencana untuk menghasilkan listrik pada 2017.

Meskipun menjadi eksportir minyak utama dunia, UEA telah memilih untuk mengembangkan nuklir. UEA melihatnya sebagai sumber energi yang menjanjikan. Dengan empat pabrik dijadwalkan akan beroperasi pada tahun 2020, UEA berharap bahwa energi nuklir dapat menyediakan hingga seperempat dari kebutuhan listriknya, yang diperkirakan akan melambung menjadi 40 gigawatt dari 15,5 saat ini.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5395 seconds (0.1#10.140)