Militer Filipina siap dukung polisi amankan masa damai

Minggu, 13 Januari 2013 - 20:01 WIB
Militer Filipina siap dukung polisi amankan masa damai
Militer Filipina siap dukung polisi amankan masa damai
A A A
Sindonews.com – Sekitar 120 ribu anggota Angkatan Bersenjata Filipina (AFP) siap membantu Kepolisian Nasional Filipina (PNP) untk memastikan masa pemilu damai dan bebas dari kekerasan yang dimulai Minggu (13/1/2013).

Kepala Staf Umum AFP, Jessie Dellosa mengatakan, bahwa militer akan berpartisipasi dalam satuan tugas Perdamaian Bersama dan Koordinasi Keamanan Pusat (JPSCC) dalam melaksanakan pengawasan selama masa damai pemilu 2013.

"AFP juga akan memelihara kewaspadaan dan siap untuk mendukung pasukan polisi dalam membongkar kelompok bersenjata pribadi bersama dengan kelompok-kelompok kejahatan terorganisir, yang mungkin mengambil keuntungan dari musim kampanye,” kata Dellosa, seperti dikutip dari Xinhua.

“Melalui JPSCC, AFP dan PNP akan menerapkan penegakan hukum intensif dan operasi keamanan untuk mengimplementasikan resolusi Comelec, serta menggagalkan kegiatan kriminal di seluruh negeri,” Dellosa menambahkan.

Dia mengingatkan semua prajurit untuk mematuhi peraturan yang ada, berkaitan dengan program pengendalian senjata api. Ia juga memerintahkan militer untuk berpartisipasi aktif dalam memastikan perilaku, jujur, tertib, dan damai selama masa kampanye pemilu 2013.

Pemilihan di negara ini, baik untuk posisi lokal atau nasional, sering dirusak oleh kekerasan politik, penipuan, dan pencabutan hak. Dengan adanya sejumlah kelompok bersenjata di negara itu dan lebih dari 1 juta senjata api yang beredar, pemilu seringkali terganggu oleh masalah keamanan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6060 seconds (0.1#10.140)