Tiga juta umat muslim hadiri Biswa Ijtema di Bangladesh

Minggu, 13 Januari 2013 - 19:17 WIB
Tiga juta umat muslim...
Tiga juta umat muslim hadiri Biswa Ijtema di Bangladesh
A A A
Sindonews.com – Setidaknya tiga juta umat Islam berkumpul untuk berdoa di tepi sungai Turag, di daerah Tongi, Bangladesh, Minggu (13/1/2013). Ini adalah momen terbesar kedua berkumpulnya umat Muslim, setelah ibadah Haji di Mekah.

Jutaan umat Muslim ini berkumpul sekitar 40 km sebelah utara Dhaka, ibu kota Bangladesh untuk menghadiri Biswa Ijtema. Acara doa bersama ini dipimpin oleh seorang Imam asal India. Doa dilakukan dalam bahasa Urdu, untuk mencari berkah bagi 1,5 miliar umat Muslim di seluruh dunia.

"Kami sudah memperkirakan, bahwa lebih dari tiga juta orang bergabung dalam doa akhir. Sekitar delapan sampai 10 kilometer jalan menuju ke tempat itu terhalang oleh orang-orang," kata Nurul Islam, kordinator acara, seperti dikutip dari Asiaone.

Menurutnya, sekitar 30 ribu orang asing akan bergabung dengan jemaat untuk meramaikan acara yang sudah digelar sejak 1964 ini. Jalan-jalan di Kota Dhaka yang biasanya padat, tampak sepi pada akhir pekan ini. Mayoritas warganya datang ke Tongi dengan mengendarai mobil pribadi, kereta, dan bus.

Biswa Ijtema dimulai pada Jumat 11 Januari dan berakhir pada Minggu. Jutaan umat Muslim yang mengikuti acara ini mendirikan tenda-tenda dan berjuang melawan hawa dingin yang menyergap Bangladesh di musim dingin ini.

Biswa Ijtema sangat populer di kalangan Muslim Bangladeh, yang kebanyakan adalah warga miskin di pedesaan. Kebanyakan dari mereka tak memiliki cukup biaya untuk menunaikan ibadah Haji ke Mekah. Tahap kedua Biswa Ijtema, yang juga akan berlangsung selama 3 hari, akan dimulai pada 18 Januari mendatang.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0610 seconds (0.1#10.140)