Hagel kandidat Menhan AS yang baru

Senin, 07 Januari 2013 - 21:55 WIB
Hagel kandidat Menhan AS yang baru
Hagel kandidat Menhan AS yang baru
A A A
Sindonews.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama dikabarkan siap untuk mencalonkan Chuck Hagel (66) sebagai Menteri Pertahanan AS yang baru, Senin (7/1/2013). Namun, Partai Republik dilaporkan tak setuju atas pencalonan ini, meski Hagel adalah salah satu kader mereka.

Menurut CNN, Obama juga diperkirakan akan mengumumkan siapa yang dipilih untuk menggantikan David Petraeus di pucuk pimpinan CIA. Dua nama digadang-gadang berpeluang besar untuk menempati posisi tersebut. Dua nama itu adalah Michael Morell dan John Brennan.

Terlepas dari kenyataan bahwa Hagel adalah sesama Partai Republik, namun banyak kalangan tak setuju jika ia menjabat sebagai Menteri Pertahanan. Sebab, Hagel dinilai memiliki sikap bermusuhan dengan Israel dan naif terhadap Iran.

“Hagel akan menjadi Menteri Pertahanan yang paling antagonis terhadap negara Israel dalam sejarah bangsa kita,” kata Senator Partai Republik, Lindsey Graham.

Menurut Graham, Hagel pernah menyatakan bahwa AS harus bernegosiasi dengan Iran. “Ia juga menyatakan, bahwa Israel harus bernegosiasi dengan Hamas, organisasi yang mengirim ribuan roket ke Israel,” lanjut Graham.

Dalam sebuah wawancara dengan majalah sejarah Vietnam, Hagel menyangkal bahwa ia adalah seorang yang pasif. "Saya percaya akan penggunaan kekerasan, tetapi hanya setelah proses pengambilan keputusan yang sangat hati-hati," katanya. “Saya akan melakukan semua yang saya bisa untuk menghindari perang yang tidak masuk akal,” lanjutnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6711 seconds (0.1#10.140)