Pemerintah RI berhasil pulangkan 5.000 WNI dari Suriah

Jum'at, 04 Januari 2013 - 17:51 WIB
Pemerintah RI berhasil...
Pemerintah RI berhasil pulangkan 5.000 WNI dari Suriah
A A A
Sindonews.com – Perang saudara yang berlarut-larut di Suriah telah membuat negara itu menjadi tempat yang berbahaya bagi warga negara asing yang berada di kota-kota di Suriah. Sejumlah negara sudah melakukan evakuasi terhadap warga negara Indonesia yang berada di Suriah.

Itu pula yang dilakukan Pemerintah Republik Indonesia. Hingga kini, sudah ribuan WNI yang dipulangkan dari Suriah. Menurut Menteri Luar Negeri RI, Marty Natalegawa, setiap permasalahan yang dihadapi WNI di luar negeri, diperlakukan sebagai prioritas.

“Tanpa terkecuali, apapun sifat dan permasalahannya. Dari kasus hukum yang menyangkut tenaga kerja Indonesia di luar negeri, hingga penyelamatan dan perlindungan WNI dari bencana alam serta instabilitas politik,” jelas Marty dalam pidato awal tahun di Jakarta, Jumat (4/1/2013).

“Sebagai contoh pula, upaya fasilitasi Pemerintah RI untuk pemulangan WNI dari Suriah sejak konflik di negara tersebut terjadi hampir mencapai 5.000 WNI,” lanjut Marty. Menurutnya, pemulangan WNI dari daerah konflik bukanlah hal yang mudah dan bisa dilakukan dengan cepat.

“Langkah itu bisa dilakukan jika kondisi keamanan memungkinkan. Ada tahapan-tahapan yang harus dilalui. Yang pasti, Pemerintah RI akan terus berupaya maksimal,” tambah Marty.

Hingga kini, perang bersaudara di Suriah sudah berlangsung selama 21 bulan. Meski upaya perdamaian sudah dilakukan beberapa pihak, namun belum ada tanda-tanda pertikaian antara kaum pemberontak dengan pasukan yang setia dengan rezim Presiden Bashar al-Assad akan mereda. Menurut PBB, jumlah korban jiwa akibat konflik ini sudah menyentuh angka 66 ribu jiwa.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8436 seconds (0.1#10.140)