Ayah mahasiswi korban perkosaan New Delhi protes foto palsu

Jum'at, 04 Januari 2013 - 15:28 WIB
Ayah mahasiswi korban perkosaan New Delhi protes foto palsu
Ayah mahasiswi korban perkosaan New Delhi protes foto palsu
A A A
Sindonews.com – Ayah dari mahasiswi yang menjadi korban perkosaan di New Delhi, India mengeluh pada polisi akibat beredarnya foto palsu putrinya di dunia maya. Aksi perkosaan yang dilakukan 6 orang di sebuah bus di New Delhi, dua pekan lalu ini memang menyita perhatian dunia. Aksi ini dianggap sangat biadab. Korban sendiri akhirnya tewas, setelah beberapa hari menjalani perawatan di Singapura.

Beberapa hari terakhir ini, muncul sebuah halaman di Facebook yang dimaksudkan sebagai penghormatan dan dukungan bagi korban. Halaman ini dilengkapi dengan foto seorang wanita India yang tengah terbaring di rumah sakit dan foto seorang wanita India yang tengah tersenyum. Foto ini seolah-olah menggambarkan sosok korban.

Padahal, hingga kini identitas korban dan keluarganya tak pernah diungkapkan ke media massa. Hal ini sesuai dengan undang-undang di India yang memberikan hak bagi korban kejahatan seks dan keluarganya untuk menyembunyikan data diri untuk melidungi mereka dari stigma sosial.

Vinayakumar, seorang Asisten Komisioner di unit Kejahatan Cyber dari Kepolisian Kerala di India selatan mengatakan, bahwa foto yang digunakan dalam tribute di Facebook itu adalah palsu dan telah menyebabkan penderitaan.

"Kami telah menerima keluhan dari ayah korban, yang menyatakan bahwa foto yang diunggah di Facebook seperti gambar korban perkosaan New Delhi adalah palsu," kata Vinayakumar, Jumat (4/1/2013). “Kami telah meminta pejabat Facebook untuk menghapus foto itu dan membantu kami untuk melacak pelakunya," tambahnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3136 seconds (0.1#10.140)