Komandan Taliban di Afghanistan utara ditangkap

Selasa, 23 Oktober 2012 - 19:15 WIB
Komandan Taliban di Afghanistan utara ditangkap
Komandan Taliban di Afghanistan utara ditangkap
A A A
Sindonews.com – Seorang Komandan Taliban di Afghanistan Utara, Mullah Abdul Rahman, berhasil ditangkap dalam operasi gabungan pasukan NATO dan militer Afghanistan, Selasa (23/10/2012). Seperti dikutip dari thestar, Rahman diduga adalah komandan di level elit pimpinan Taliban.

"Rahman terlibat dalam aksi kekerasan di Kunduz, Takhar, dan Provinsi Badakhshan," kata Juru Bicara Kepolisian Provinsi Kunduz, Sayed Sarwar Husseini. "Dia mendorong pemberontak untuk menanam bom di pinggir jalan dan otak serangan terhadap para pejabat Afghanistan," jelas Husseini.

Selama bertahun-tahun setelah penggulingan Taliban pada 2001, sebagian besar wilayah Afghanistan Utara sudah bebas dari aksi kekerasan gerilyawan. “Tapi, keamanan di wilayah itu, termasuk di tiga Provinsi, telah memburuk selama beberapa tahun terakhir,”kata Husseini.

Husseini mengatakan, Rahman yang diduga menjadi salah satu penyandang dana bagi Taliban di Afghanistan Utara, ditangkap di distrik Char Darah, Kunduz. Tak ada komentar dari Juru Bicara Pasukan NATO atas berita tertangkapnya Rahman ini.

Media Jerman mengatakan, pasukan elit Jerman terlibat dalam operasi penangkapan Rahman. Komandan Taliban ini juga diduga sudah merancang serangan pada tentara Jerman. Jerman adalah negara ketiga terbesar yang menyumbang pasukan di tubuh NATO.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3512 seconds (0.1#10.140)