Lukisan minyak karya Richter laku USD 34 juta

Minggu, 14 Oktober 2012 - 10:02 WIB
Lukisan minyak karya Richter laku USD 34 juta
Lukisan minyak karya Richter laku USD 34 juta
A A A
Sindonews.com – Sebuah lukisan minyak karya seniman Jerman, Gerhard Richter, terjual dengan harga 21 juta poundsterling (USD 34 juta). Lukisan yang terjual di balai lelang Sotheby's, di London, Inggris, Jumat (12/20/2012), ini dibeli oleh seseorang yang tak mau dipublikasikan namanya.

Semula, lukisan ini ditaksir ‘hanya’akan terjual di kisaran 9 hingga 12 juta poundsterling, namun ternyata harga jualnya jauh melebihi perkiraan awal. Lukisan yang diberi judul ‘Abstraktes Bild’ itu dibuat Richter pada 1994. Lukisan ini sempat jadi milik penyanyi terkenal Erick Clapton.

Alex Branczik, Direktur Senior seni kontemporer di balai lelang Sotheby, mengatakan, Abstraktes Bild adalah salah satu karya terbesar Richter. “Abstraktes Bild merupakan salah satu karya abstrak terbesar yang pernah dibuat oleh Gerhard Richter. Pemunculan lukisan ini di pasar lelang, membuat kolektor memiliki kesempatan memiliki sebuah lukisan dari salah satu pelukis terbesar yang masih hidup," ungkap Branczik.

Lukisan ini mencatat rekor sebagai lukisan termahal dari seorang pelukis yang saat ini masih hidup. Biasanya, harga sebuah lukisan akan melambung jika si pelukis telah meninggal dunia. Saat ini, Richter sudah berusia 80 tahun itu tinggal di kota Cologne, Jerman. Ia dianggap sebagai salah satu pelukis terbesar dunia yang masih hidup.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7056 seconds (0.1#10.140)