Penulis China raih hadiah nobel bidang sastra

Kamis, 11 Oktober 2012 - 21:10 WIB
Penulis China raih hadiah nobel bidang sastra
Penulis China raih hadiah nobel bidang sastra
A A A
Sindonews.com – Seorang penulis China, Mo Yan memenangkan hadiah Nobel sastra 2012. Ini adalah kali pertama seorang penulis China meraih hadiah Nobel. Sebelumnya, sempat ada seorang keturunan China, Gao Xingjian yang menyabet gelar terhormat itu pada tahun 2000. Meski Xingjian berdarah China, namun ia memiliki kewarganegaraan Prancis.

Seperti dikutip dari BBC.co.uk, Kamis (11/10/2012), Yan adalah seorang penulis yang produktif. Sejak 1981, ia telah menerbitkan puluhan cerita pendek. Terlahir dengan nama Guan Moye, Yan menggunakan nama Mo Yan dalam setiap tulisannya. Uniknya, dalam bahasa China, Mo Yan berarti “Tidak berbicara”.

Salah satu karya Yan yang cukup menyita perhatian adalah Red Sorghum: A Novel of China. Sebuah novel yang menceritakan kekerasan brutal di pedesaan Cina Timur, di mana Yan dibesarkan selama periode 1920 hingga 1930-an. Novel ini sempat dituangkan dalam sebuah film, yang akhirnya memenangkan penghargaan Golden Bear di Festival Film Berlin pada tahun 1988.

Swedish Academy yang menjadi penentu pemenangan Nobel di kategori sastra, menyebut karya Yan sebagai sastra yang menggabungkan realisme halusinasi dengan cerita rakyat, sejarah, dan kontemporer.

"Dia memiliki kemampuan menulis yang unik. Jika Anda membaca setengah halaman karya Yan, Anda akan segera mengenalinya, kalau itu tulisan Yan. Kami sudah memberitahunya soal penghargaan ini. Yan berada di rumah bersama Ayahnya. Yan mengaku gembira sekaligus takut," kata Peter Englund, kepala Swedish Academy.

Yan adalah peraih Nobel ke 109. Tahun lalu, Nobel kategori sastra diraih penyair Swedia, Tomas Transtroemer. Yayasan Nobel juga akan memberikan hadiah uang senilai 741 ribu Poundsterling pada Yan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6261 seconds (0.1#10.140)