Sesame Street desak Obama hapus iklan Big Bird

Rabu, 10 Oktober 2012 - 20:39 WIB
Sesame Street desak Obama hapus iklan Big Bird
Sesame Street desak Obama hapus iklan Big Bird
A A A
Sindonews.com – Sesame Workshop, lembaga non-profit yang memproduksi sejumlah acara televisi bagi anak-anak di seluruh dunia, meminta tim kampanye Presien AS, Barack Obama untuk menghapus iklan kampanye mereka yang menyertakan tokoh Big Bird.

Tokoh berwujud burung besar berbulu kuning ini adalah salah satu tokoh utama dalam Sesame Street, acara televisi yang diproduksi Sesame Workshop yang sudah sangat dikenal oleh anak-anak di seluruh dunia.

Tim kampanye Obama memasukan Big Bird dalam sebuah cuplikan iklan di televisi yang bernada anti Mitt Romney, saingan Obama dalam Pilpres AS Novermber mendatang. “Kami telah sepakat tidak ada iklan kampanye. Kami meminta agar kedua tim kampanye menghapus karakter Sesame Street dan merek dagang kami dari bahan kampanye mereka," kata sebuah pernyataan Sesame Workshop, Rabu (10/10/2012), seperti dikutip dari The Indian Express.

Menurut pernyataan itu, Sesame Workshop tak akan masuk ke dalam dunia politik. "Sesame Workshop adalah organisasi nirlaba non partisan dan kami tidak mendukung calon manapun atau berpartisipasi dalam kampanye politik," lanjut pernyataan tersebut.

Tim kampanye Obama sendiri mengaku akan meninjau hal ini. "Kami telah menerima permintaan ini. Kami akan meninjaunya. Saya hanya akan mengatakan, bahwa hal ini tak akan mengubah fakta bahwa hanya ada satu calon dalam kampanye Pilpres yang akan terus berjuang untuk Big Bird dan Elmo (dua tokoh dalam Sesame Street), dan dia naik di pesawat ini, " kata Jen Psaki, juru bicara Kampanye Obama kepada wartawan yang bepergian dengan Presiden Obama di Air Force One.

Digunakannya Big Bird sebagai alat untuk menekan Romney oleh Obma, berawal dari ucapan Romney sendiri. Pada debat kandidat Presiden pertama pekan lalu, Romney mengaku akan memotong pendanaan bagi PBS, stasiun televisi yang menayangkan serial Sesame Street di AS. Menurut Romney, pendanaan untuk PBS akan menambah beban hutang luar negeri AS.

"Saya menyukai PBS, saya juga menyukai Big Bird, namun saya tak akan mau menghabiskan uang untuk sesuatu yang pada akhirnya akan membuat kita berhutang pada China,” kata Romney. Pernyataan inilah yang digunakan Obama untuk membentuk opini publik AS, bahwa Romney adalah seorang pembenci Sesame Street.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4018 seconds (0.1#10.140)