Pemberontak Peru bakar 3 helikopter

Senin, 08 Oktober 2012 - 07:06 WIB
Pemberontak Peru bakar 3 helikopter
Pemberontak Peru bakar 3 helikopter
A A A
Sindonews.com – Kelompok pemberontak sayap kiri Peru, Sendero Luminoso, membakar tiga helikopter milik perusahaan gas Transportadora de Gas del Peru (TGP) di lapangan udara di Kiteni, di wilayah hutan Cusco, Sabtu (6/10/2010). Tiga helikopter itu digunakan oleh TGP untuk mengirimkan pekerja guna merawat pipa gas cair di kawasan hutan Selatan negara itu.

Akibat insiden ini, pipa saluran gas alam di Peru terancam tak memiliki pelayanan perawatan. “Insiden ini menyebabkan kegiatan pemeliharaan di zona konflik menjadi tidak memungkinkan. Namun, kami percaya pemerintah akan menyediakan sumber daya dan mengambil langkah yang diperlukan untuk membangun kembali keamanan di daerah itu,” sebut pernyataan TGP, seperti dikutip dari bbc.co.uk.

Tidak ada yang terluka atau sandera yang diculik dalam peristiwa ini. Tidak jelas mengapa para pemberontak menyerang lapangan terbang. Media setempat mengatakan, sebelumnya pemberontak mungkin mencoba untuk menyergap sebuah patroli militer, namun gagal. Sebagai gantinya, mereka memutuskan untuk menyerang lapangan terbang.

Sendero Luminoso memulai perlawanan untuk menggulingkan pemerintahan Peru sejak 1980. Sejak itu, tak kurang dari 70.000 orang telah tewas. Lembah-lembah di wilayah Tenggara Peru, di mana Sendero Luminoso beroperasi, memiliki cadangan gas alam dan dilalui oleh pipa-pipa gas cair milik TGP. Pada April lalu, pemberontak menangkap dan menyandera 36 pekerja TGP.

Sebenarnya, kekuatan Sendero Luminoso tak lagi sebesar saat mereka baru mendirikan gerakan ini. Pada awal 1990-an, para pentolan Sendero Luminoso berhasil ditangkap oleh pemerintah Peru. Namun, sisa-sisa kelompok ini terus aktif di beberapa bagian Peru dan telah bersekutu dengan para pengedar narkoba.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4679 seconds (0.1#10.140)