Warga Nigeria protes film pelecehan nabi

Selasa, 25 September 2012 - 16:16 WIB
Warga Nigeria protes film pelecehan nabi
Warga Nigeria protes film pelecehan nabi
A A A
Sinonews.com - Ratusan warga muslim melancarkan aksi damai di Nigeria sebagai bagian dari protes atas beredanya film anti-islam yang melecehan nabi Muhammad. Para peserta aksi unjuk rasa ini melakukan longmarch menyusuri jalan-jalan utama di utara Nigeria.
Aksi senin kemarin (24/9/2012) yang dilansir ABCNews, dilaksanakan dikota Kaduna Nigeria. Kota ini menjadi saksi dari kekerasan antar pemeluk agama yang menewaskan ratusan orang menyusul pemilihan presiden Nigeria pada tahun 2011.

Protes ini merupakan bagian dari serangkaian aksi protes terhadap film anti-islam di Nigeria. Seluruh rangkaian protes selalu dilancarkan secara damai, walau sempat terjadi tembakan ke udara dari tentara setempat disalah satu aksi.

Sambil menyusuri jalan-jalan utama, peserta aksi juga membakar bendera Amerika Serikat, Inggris dan Perancis.

Film Innocence of Muslim telah memicu protes di seluruh penjuru dunia. Walau dilindungi oleh konstitusi kebebasan berpendapat, tetapi para pemimpin Amerika telah mengecam film tersebut.

Nigeria sendiri rentan terhadap konflik antar agama, dimana negara ini terbagi dalam dua bagian besar dengan pemeluk agama kristen di bagian selatan dan islam di bagian utara.
(aww)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5851 seconds (0.1#10.140)