Situs Romawi di Chedworth digali lagi

Minggu, 08 Juli 2012 - 07:37 WIB
Situs Romawi di Chedworth digali lagi
Situs Romawi di Chedworth digali lagi
A A A
Sindonews.com – Para arkeolog melanjutkan penggalian mosaik atau hiasan lantai yang terdapat di situs bekas bangunan peristirahatan bangsa Romawi, di Chedworth, Inggris. Penggalian lanjutan ini dilakukan setelah situs bersejarah dibuka untuk umum pada awal tahun 2012, sejak proses awal penggalian dinyatakan selesai.

Situs berupa reruntuhan bangunan peristirahatan bangsa Romawi itu pertama kali digali sekitar dua tahun lalu. Terletak di pedalaman wilayah Inggris, yaitu di Chedworth, Gloucestershire, situs ini ditemukan 150 tahun lalu, tetapi tidak dilakukan penggalian secara arkeologis hingga terkubur selama bertahun-tahun.

Jika proses penggalian ini berakhir, maka situs mosaik sepanjang 35 meter itu termasuk salah-satu mosaik terpanjang peninggalan Romawi di Inggris. "Saya harap penggalian ini akan menambah kenikmatan bagi pengunjung di Chedworth," ucap Pimpinan tim arkeolog National Trust, Martin Papworth. Seperti dikutip dari BBC, Minggu (8/7/2012).

Salah satu temuan penting dari situs arkeologis ini adalah hiasan lantai, atau biasa disebut mosaik, yang menggambarkan seni peradaban bangsa Romawi. Sebagian wilayah Inggris pernah dikuasai Imperium Romawi ketika mereka melakukan kolonisasi pada sekitar tahun 43 Masehi hingga 410 Masehi.

“Pekerjaan situs kuno ini memang dilakukan bertahap. Namun, kami gembira karena dapat menemukan mosaik bersejarah dan indah di dalamnya," jelas Papworth.

Ketika arkeolog melakukan pekerjaan penggalian di situs itu, para pengunjung dapat menyaksikannya secara langsung. Di depan areal penggalian sepanjang 35 meter, penanggungjawab situs memasang jembatan besi berukuran kecil.

Dari atas jembatan itulah, para wisatawan yang mendatangi situs bekas vila bangsa Romawi ini bisa menyaksikan eskavasi yang dilakukan para arkeolog. Proses eskavasi itu memakan biaya sekitar Rp43 miliar, termasuk penyediaan sarana untuk pengunjung, seperti pembangunan cafe serta sarana lainnya.

Penggalian diperkirakan akan memakan waktu sekitar tiga pekan. "Mudah-mudahan kita menemukan sesuatu yang menarik dari penggalian lanjutan ini," imbuh Papworth.

Papworth menambahkan, tim arkeolog sangat antusias saat melakukan penggalian di dalam tanah tersebut. Kami telah mengangkat jalan aspal yang sebelumnya digunakan untuk jalan kaki. Lantai bangunan Romawi dihias mosaik menarik yang menampilkan kehidupan sehari-sehari bangsa Romawi.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6131 seconds (0.1#10.140)