Israel yakin Mesir tak akan cederai perjanjian damai

Rabu, 27 Juni 2012 - 17:48 WIB
Israel yakin Mesir tak akan cederai perjanjian damai
Israel yakin Mesir tak akan cederai perjanjian damai
A A A
Sindonews.com - Israel meyakini Mesir akan tetap mempertahankan perjanjian damai dengan pihaknya. Saat ini, hubungan kedua negara memang masih dihadang permasalahan di Jalur Gaza dan Hamas. Namun, pemerintah Israel optimistis untuk tetap berdamai dengan Mesir.

Seorang pejabat senior pertahanan Israel mengatakan, Presiden Mesir Mohammed Morsi tidak mungkin mengingkari perjanjian damai antara kedua negara. Hubungan antara Israel dan Mesir akan tetap utuh karena didasarkan pada kepentingan bersama. Seperti dilansir dari Haaretz, Rabu (27/6/2012).

Sebelumnya, pembicaraan antara Morsi dengan pemerintah Amerika Serikat (AS) menunjukkan, Mesir akan tetap berdamai dengan Israel. "Kami yakin pendekatan ini tidak akan berubah dalam waktu dekat," kata pejabat senior pertahanan Israel itu.

Ketika dewan petinggi militer Mesir mencoba melakukan perlawanan, tindakan itu hanya akan mengembalikan Mesir ke titik awal sebelum revolusi. "Saya ragu Morsi akan datang ke Yerusalem," ujar dia.

Israel mungkin mendapatkan tanggapan dingin dari parlemen Mesir, tetapi hubungan dengan penguasa negara tersebut akan tetap kuat. Israel juga tidak melihat ada potensi ancaman apapun dari tentara Mesir di masa mendatang.

Selain itu, Israel tidak khawatir jika Mesir akan mengizinkan lebih banyak orang dan barang memasuki Jalur Gaza melalui Rafah dibanding yang biasanya dilakukan. Israel masih memiliki kesempatan untuk mempererat hubungan dengan Mesir, terutama terkait dengan Jalur Gaza.

"Jika mereka ingin mendapatkan barang-barang mereka dari pelabuhan Alexandria, bukan pelabuhan Asdod, biarkan mereka melakukannya," tambah dia.


()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5067 seconds (0.1#10.140)