Lawatan pertama, Suu Kyi hadiri Forum Ekonomi Dunia

Kamis, 24 Mei 2012 - 14:49 WIB
Lawatan pertama, Suu Kyi hadiri Forum Ekonomi Dunia
Lawatan pertama, Suu Kyi hadiri Forum Ekonomi Dunia
A A A
Sindonews.com - Pemimpin kelompok oposisi Myanmar Aung San Suu Kyi akan menghadiri Forum Ekonomi Dunia di Bangkok, Thailand, 30 Mei-1 Juni. Perjalanan Suu Kyi akan menjadi lawatan ke luar negeri pertama baginya dalam 24 tahun terakhir. Dalam pertemuan itu, Presiden Myanmar Tien Shin diperkirakan juga akan hadir.

Seperti diberitakan dalam BBC.co.uk, Kamis (24/5/2012), selama 20 tahun Suu Kyi telah menjadi tahanan rumah dengan status tahanan politik. Suu Kyi akhirnya dibebaskan di akhir 2010 ketika terjadi gelombang reformasi di Myanmar.

Suu Kyi sempat khawatir jika ia meninggalkan Myanmar maka tidak bisa kembali ke negara asalnya. Awal bulan ini, ia akhirnya kembali mendapatkan paspor untuk melakukan perjalanan ke ke luar negeri . Kepergian Suu Kyi itu menjadi sebuah pertanda bahwa ia mulai percaya pada pemerintah Tien Shin.

Tidak tanggung-tanggung, setelah mengantongi paspor, Syu Kyi tidak hanya akan mengunjungi Thailand. Bulan depan, ia juga kan mengunjungi Eropa. Di sana ia dijadwalkan akan menerima Nobel Perdamaian yang dimenangkannya pada 16 juni 1991 di Oslo, Norwegia.

Ia juga akan melakukan kunjungan ke Gedung Parlemen Inggris pada 21 Juni mendatang. Inggris merupakan negara kenangan bagi Suu Kyi, Ia pernah tinggal selama beberapa tahun di sana bersama suami dan anaknya. Syu Kyi juga akan mengunjungi kantor pusat Perserikatan Bangsa-Bangsa di New York.

Syu Kyi kembali ke Myanmar pada 1988. Niat awal kedatangannya adalah untuk menjenguk ibunya yang sakit. Saat itu, aksi protes pecah di Myanmar. Sejak saat itu ia memulai perjuangan dan memilih menetap di Myanmar.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5386 seconds (0.1#10.140)