Terima kasih Afghanistan untuk rakyat AS

Rabu, 02 Mei 2012 - 13:20 WIB
Terima kasih Afghanistan untuk rakyat AS
Terima kasih Afghanistan untuk rakyat AS
A A A
Sindonews.com – Presiden Afghanistan Hamid Karzai menyampaikan terima kasih kepada rakyat Amerika Serikat yang telah membantu rakyatnya. Ucapan itu disampaikan Karzai setelah penandatanganan perjanjian kemitraan strategis Amerika Serikat (AS) dan Afghanistan.

Berlokasi di Kabul, Karzai dan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama menandatangani perjanjian kemitraan strategis AS dan Afghanistan. Perjanjian itu merupakan bentuk kerja sama untuk menciptakan perdamaian di Afghanistan yang dilanda perang selama satu dekade.

"Kesepakatan ini akan menjadi akhir bagi 10 tahun kerja sama dan akan menjadi babak baru bagi sebuah hubungan baru. Sebuah fase hubungan yang baru, antara dua negara yang berdaulat dan independen, yang saling menghormati. Perjanjian antara AS dan Afghanistan berlaku timbal balik. " ungkap Karzai CNN, Rabu, (2/5/2012).

Di pihak AS, Obama mengatakan, perjanjian itu diharapkan makin mempererat kerja sama dengan Afghanistan ke depan. "Dengan perjanjian ini saya yakin rakyat Afghanistan akan memahami, Pemerintah AS akan selalu berpihak kepada mereka,’’ kata Obama.

Perjanjian kemitraan strategis ini sebenarnya telah lama diimpikan oleh kedua negara jauh sebelum peristiwa penyerangan penduduk Afghanistan oleh tentara AS. Menurut pihak North Atlantic Treaty Organization (NATO), lebih dari 130 ribu tentara NATO hadir di Afghanistan.

Pasukan itu berasal dari 50 negara yang berbeda. Negara yang paling banyak mengirimkan pasukanya adalah AS, sebanyak 90 ribu tentara, terbanyak kedua Inggris dengan 9.500, diikuti Jerman dan Prancis, 4.800 dan 3.600 tentara. Selama bertugas menjaga perdamaian di Afghanistan, sebanyak 2.700 nyawa tentara NATO melayang.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5257 seconds (0.1#10.140)