Infeksi kulit mematikan landa Vietnam

Minggu, 22 April 2012 - 17:32 WIB
Infeksi kulit mematikan landa Vietnam
Infeksi kulit mematikan landa Vietnam
A A A
Sindonews.com - Pemerintah Vietnam meminta bantuan internasional untuk mencari tau penyebab infeksi kulit yang telah menewaskan 19 orang.

Menteri Kesehatan Vietnam telah berusaha melakukan tes, namun gagal. Pemerintah Vietnam akan memintan bantuan organisasi kesehatan dunia World Health Organisation (WHO) dan pusat pengendaian penyakit Amerika Serikat US Centres for Disease Control and Prevention untuk melakukan penyelidikan gabungan.

"Penyakit ini sangat menantang, sampai saat ini kami belum bisa menemukan penyebabnya. Kami masih bingung mengaitkan mengapa infeksi yang terjadi di bagian luar kulit bisa menyebabkan kegagalan fungsi organ dalam," ungkap Wakil Menteri Kesehatan Vietnam, Thanh Panjang seperti diberitakan dalan BBC.co.uk, Sabtu (21/4/2012).

Lebih dari 170 orang yang berada di provinsi Quang Ngai dilaporkan telah tertular infeksi penyakit kulit ini. Infeksi kulit diawali dengan ruam di bagian tangan dan kaki, kemudian bernyebabkan komplikasi kegagalan organ ginjal dan hati.

Penyakit misterius ini dilaporkan terjadi pada bulan Desember 2011, dan mulai menjangkit awal bulan ini. Petugas kesehatan setempat telah berusaha memberikan pertolongan pertama pada mereka yang terjangkit dengan melakukan isolasi agar tidak menjangkiti orang lain.

Pejabat lokal setempat mengatakan, penyakit ini mungkin disebabkan karena kontaminasi bahan kimia. Sampai saat ini puluhan orang masih dalam perawatan di rumah sakit Leprosy di Propinsi Binh Dinh.

Salah seorang warga, Pham Van tray mengatakan, pintu masuk desa Reu yang di kaki gunung telah diblokir untuk mencegah penyakit ini keluar dari wilayah ini. “Kami tidak tau apa penyebab penyakit ini, jadi sampai saat ini kami hanya bisa mengelar ritual doa," ungkap Van tray. (bro)

()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5358 seconds (0.1#10.140)