PBB nilai Suriah gagal melakukan gencatan senjata

Kamis, 19 April 2012 - 12:44 WIB
PBB nilai Suriah gagal...
PBB nilai Suriah gagal melakukan gencatan senjata
A A A
Sindonews.com – Sekretaris Jendral (Sekjen) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Ban Ki-moon mengatakan Suriah gagal memenuhi kewajibannya untuk menarik mundur pasukan militer dan sejumlah senjata berat dari wilayah pemukiman penduduk.

Dalam sebuah surat yang disampaikan Ban kepada Dewan Keamanan (DK) PBB Ban menyampaikan, jumlah tim pemantau (observer) Suriah dari PBB akan diperluas menjadi 300 orang. Sebelumnya, pemerintah Suriah mengatakan bahwa mereka hanya akan menerima 250 orang tim observer.

Sesuai rencana negosiasi Kofi Annan dan pemerintah Suriah, sebagai awal, enam orang observer telah diberangkatkan ke Suriah.

Para observer yang diutus melaporkan, kekerasan terus berlajut di Suriah, Pemerintah Suriah telah melanggar kesepakatan resolusi PBB, melakukan gencatan senjata. Meskipun kedua belah pihak telah menyepakati gencatan senjata, dan kedua belah pihak berkomitmen untuk menghentikan aksi kekerasan.

Ban menginginginkan pengiriman tim observer ke Suriah dilakukan secara bertahap dalam beberapa minggu, dengan catatan kondisi di lapangan menjanjikan. Ban sangat berharap kehadiran tim observer di Suriah akan sangat membantu mengakhiri kekerasan di Suriah.

Sebelumnya, Presiden Suriah telah menyepakati enam rencana yang dibawa oleh utusan perdamaian, Kofi Annan. Menarik mundur pasukan dan alat militer dari pemukiman penduduk, pembebasan tahanan politik, mengizinkan demonstrasi damai, memberikan akses yang lebih besar bagi awak media dan memulai transisi politik yang demokratis. (bro)

()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9108 seconds (0.1#10.140)