DK PBB serukan permusuhan di Mali diakhiri

Kamis, 05 April 2012 - 10:57 WIB
DK PBB serukan permusuhan...
DK PBB serukan permusuhan di Mali diakhiri
A A A
Sindonews.com - Dewan Keamanan (DK) PBB menyerukan kepada pemimpin junta militer di Mali kembali ke konstitusi tahun 1992. DK PBB juga mengimbau pemberontak untuk mengakhiri aksi pemberontakan di Mali Utara.

Dua minggu setelah kudeta militer di Mali, DK PBB yang bermarkas di New York, Amerika Serikat, memperingatkan kepada kelompok militan di Afrika Barat yang memiliki kaitan dengan kelompok Alqaeda.

"Kami dengan keras mengutuk aksi pemberontakan yang terus melanjutkan aksi penyerangan dan tindakan memperluas wilayah kekuasaan di bagian utara Mali. Di samping itu kami juga menuntut agar permusuhan segera dihentikan," seru DK PBB seperti diberitakan dalam BBC.co.uk, Rabu (4/4/2012).

DK PBB sangat prihatin saat Mali menghadapi kekacauan politik ada pihak yang mengambil keuntungan. Di samping itu, DK PBB mendukung peran dan upaya yang dilakukan oleh organisasi Afrika Barat ECOWAS untuk mengakhiri krisis dan memulihkan kondisi Mali.

The Azawad National Liberation Movement (MNLA) dan Ansar Dine adalah dua kelompok utama yang melakukan pemberontakan di Mali. Keduanya memiliki tujuan perjuangan yang berbeda.

MNLA memiliki keterkaitan dengan jaringan Alqaeda. Sedangkan kelompok Islam utama Ansar Dine berjuang untuk menegakkan syariah Islam di Mali. MNLA telah memutuskan untuk berhenti melakukan pemberontakan hari ini.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0502 seconds (0.1#10.140)