Korut luncurkan satelit, Jepang siagakan Patriot

Selasa, 27 Maret 2012 - 13:05 WIB
Korut luncurkan satelit, Jepang siagakan Patriot
Korut luncurkan satelit, Jepang siagakan Patriot
A A A
Sindonews.com - Hari ini, angkatan bersenjata Jepang menerima perintah untuk siaga militer. Mereka diperintahkan menyiagakan rudal guna menghalangi peluncuran roket untuk mengorbitkan satelit milik Korea Utara pada 12 dan 16 April mendatang.

Seperti diberitakan dalam RIA Novosti, Selasa (27/3/2012), Menteri Pertahanan Jepang, Naoki Tanaka memerintahkan kepada Departemen Pertahanan untuk menyiagakan kapal perusak Aegis dan sistem pertahanan rudal darat Patriot di Pulau Sakishima.

Sebelumnya, Tanaka telah memperingatkan bahwa ia mungkin akan mengeluarkan perintah untuk menembak jatuh roket tersebut, jika dalam peluncurannya membahayakan Jepang.

Sebelumnya, awal bulan ini, Korut mengumumkan sebuah rencana peluncuran satelit dengan bantuan sebuah roket. Menandai ulang tahun ke-100 pendiri Korut Kim Il-sung pada 12 dan 16 April mendatang.

PBB menilai bahwa rencana Korut tersebut merupakan sebuah pelanggaran atas resolusi Dewan Keamanan PBB terhadap Korut. Amerika Serikat dan beberapa negara mencurigai bahwa peluncuran satelit tersebut hanyalah sebuah tindakan terselubung untuk uji coba rudal balistik.

Sebelumnya pada akhir bulan lalu, Korut telah berjanji dengan pihak Washington untuk menangguhkan beberapa tes rudal. Sebagai imbalanya Korut mendapatkan bantuan pangan 240.000 ton beras dari Washington.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4523 seconds (0.1#10.140)