Fenomena angin kencang di Kashmir, warga panik

Selasa, 20 Maret 2012 - 18:18 WIB
Fenomena angin kencang di Kashmir, warga panik
Fenomena angin kencang di Kashmir, warga panik
A A A
Sindonews.com - Angin kencang terus melanda wilayah Kashmir, India. Cuaca yang ekstrem ini membuat warga setempat panik.

"Sejuah ini kami hanya mendapatkan laporan hembusan angin sekuat 60 Km per jam terus terjadi sejak Senin malam hingga saat ini, namun tidak mengakibatkan kerusakan serius, hanya beberapa atap rumah terbang diterbangankan angin," ungkap Koordinator Penanggulangan Bencana di Srinagar, Aamir Ali, seperti dikutip dalam Xinhua, Selasa (20/3/2012).

"Kami akan membuat penilaian tentang seberapa parah kerusakan ini setelah angin kencang mereda," tambah Ali.

Pemerintah Kashmir telah memerintahkan untuk meliburkan aktivitas belajar mengajar. Namun sejauh ini pemerintah India belum mengeluarkan peringatan khusus.

Selain di wilayah Kashmir, angin kencang ini juga melanda ibu kota India dan wilayah utara India. Namun di kedua wilayah tersebut kekuatan angin telah berkurang.

Seorang pejabat Departemen Meteorologi India di Srinagar mengatakan, angin kencang merupakan fenomena yang jarang sekali terjadi di India.

"Khusus untuk wilayah Kashmir ini adalah kali pertamanya angin kencang berhembus dalam waktu yang sangat lama. Fenomena ini nampaknya terkait dengan hembusan angin yang bertiup di bagian barat Asia dan Pakistan sejak Minggu 18 Maret 2012," ungkap Departemen Meteorologi India.

Pejabat India mengatakan akibat angin kencang sejumlah pohon berjatuhan dan merusak tiang listrik dan mempengaruhi pasokan listrik. Di wilayah Pakistan, akibat angin kencang debu tebal menutupi wilayah Quetta. Angin kencang ini sama seperti badai pasir yang sering melanda wilayah jazirah Arab dan Iran.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6020 seconds (0.1#10.140)