Antisipasi tsunami, Jepang evakuasi warga

Rabu, 14 Maret 2012 - 18:31 WIB
Antisipasi tsunami, Jepang evakuasi warga
Antisipasi tsunami, Jepang evakuasi warga
A A A
Sindonews.com - Warga di sekitar wilayah gempa di Jepang diberi peringatan untuk evakuasi. Pasalnya, gempa berkekuatan 6,8 skala richter (SR) yang melanda Jepang hari ini, memicu peringatan bahaya tsunami.

Badan Meteorologi Jepang sebelumnya mengatakan tsunami setinggi 50 sentimeter tengah menyusul gempa yang sebelumnya mengguncang utara Pulau Hokkaido tersebut.

Seperti dilansir AFP, Rabu (14/3/2012), pemerintah setempat saat ini tengah meminta agar warga untuk melakukan evakuasi ke lokasi yang aman.

"Gelombang (tsunami) pertama diperkirakan akan menyentuh daratan pada pukul 6.40 sore (waktu setempat). Warga yang tinggal di pesisir pantai sudah diperintahkan untuk melakukan evakuasi," pernyatan Badan Meteorologi Jepang.

Gempa ini melanda setelah Minggu 11 Maret lalu, warga Jepang memperingati gempa dashyat berkekuatan 9,0 SR yang melanda satu tahun lalu.

Gempa tersebut menyebabkan 19 ribu warga tewas dan melumpuhkan pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima dan memicu krisis nuklir yang tak berkesudahan.

Tidak ada laporan kerusakan baru yang dialami Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Fukushima, menyusul gempa terbaru ini.(azh)

()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3673 seconds (0.1#10.140)